Tuesday, August 21, 2018

Cara Membuat Lumpia Isi Toge

Lembaran kulit lumpia yang biasa dijadikan karoket atau sebagai pembungkus isian yang umumnya adalah, telur, sayuran dan daging pada postingan ini akan disajikan berbeda, untuk postingan ini saya menjelaskan bagaimana lumpia yang dijadikan pembungkus dengan isian kecambah atau toge sebagai makanan yang kaya vitamin terlebih juga bisa dibuat oleh siapa saja dengan harga yang relatif murah. Sebelum tiba kepada pokok pembahasan bagaimana cara membuat lumpia isi toge, berikut merupakan khasiat dari toge.
Kecambah/Toge
Cara Membuat Lumpia Isi Toge
Lumpia Isi Toge
Kecambah atau toge merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Toge ternyata mempunyai bayak sekali khasiat, diantaranya kecambah merupakan pangan yang rendah kadar lemak dan kaya vitamin C, toge juga memiliki folat dan protein, fitoestrogen yang dapat berfungsi meningkatkan kepadatan atau mencegah kerapuhan susunan tulang, dengan bahasa ilmiah yaitu osteoporosis karena mengandung estrogen.
Selain itu toge juga mengandung fitokimia dalam jumlah besar, dari sekian banyak diantaranya kanavanin, kanavanin adalah salah satu senyawa yang bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar, kanker darah, dan kanker pankreas. Toge atau kecambah tidak hanya mengandung senyawa kavanin dan kaya vitamin c tetapi senyawa anti-kanker seperti genistein dan daidzein fungsinya untuk menghambat pasokan gizi makanan untuk sel-sel kanker sehingga membunuh sel kanker dalam tubuh. Berikut dibawah ini adalah beberapa khasiat dari konsumsi kecambah:
1.  Kecambah dapat memperkecil risiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan merendahkkan LDL dalam darah
2.   kecambah dapat membantu wanita terhindar dari kanker payudara
3.  kecambah juga memiliki kemampuan mengurangi risiko terkena artritis, memperlancar pencernaan, reproduksi, dan saluran kelenjar (glandular)
4.   Kecambah mencegah gangguan menjelang menstruasi
5.  Kecambah dapat mencegah keluhan semburat panas pada pra-menopause dan gangguan akibat menopause.
6.  Dengan mengkonsumsi kecambah dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit T.
Membuat makan ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal, karena untuk bahan yang dibelinya pun relatif murah yaitu toge dan lumpia serta bahan-bahan yang biasa ada di dapur, jika tidak mampu untuk membeli lumpia, berikut cara membuat lumpia:
Cara Membuat Kulit Lumpia
Mungkin tidak pernah terbayangkan bagaimana cara membuat kulit lumpia sendiri oleh pembaca, ternyata mebuat kulit lumpia bisa dibilang cukup mudah, meskipun kulit lumpia banyak dijual di pasar tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya sendiri, berikut bahan serta cara membuatnya.
Bahan:
-        1 butir telur
-        Setengah sendok teh garam halus
-        1 gelas air
-        1/3 gelas minyak goreng
-        100 gram tepung terigu
Cara Membuat:
Langkah pertama campurkan putih telur dengan garam, tuangkan kedalam wadah kemudiah aduk-aduk sampai benar-benar tercampur, kemudian masukan minyak goring, selanjutnya tambahkan air dan tepung terigu aduk-aduk hingga menjadi adonan. ketika adonan dirasa sudah tercampur dan halus berarti adonan tersebut siap untuk di dadar.
Kemudian untuk mencetak atau membuat adonan menjadi kulit lumpia langkahnya adalah panaskan wajan anti lengket, selanjutnya wajan yang telah disiapkan kemudian diolesi minyak goreng, kemudian tuangkan 1 sendok sayur adonan yang telah dibuat, kemudian di dadar seperti membuat dadar telur.
Cara Membuat Lumpia Isi Toge
Seperti yang telah dituliskan pada paragraph pertama, bahwa tidak seperti umumnya lumpia dijadikan pembungkus daging atau lainya, saya memilih toge karena toge juga merupakan makanan yang kaya vitamin dan mengandung banyak khasiat.
Bahan:
-        Kulit lumpia
-        Kecambah/toge
-        Bawang putih
-        Garam
-        Gula merah
-        1 gelas air
Cara Membuat:
-       Pertama harus goreng dulu bawang putih dan tuangkan toge kemudian beri garam dan gula secukupnya.
-       Selanjutnya masukan 1 sendok makan tepung tapioka dan gula merah, kemudian beri air secukupnya.
-        Aduk hingga merata, ketika sudah tercampur semua lalu tuangkan ke lapisan kulit lumpia yang sudah dibuat tadi.
Disqus Comments